Posted by : Unknown Kamis, 11 Agustus 2016



SILABUS SMA
Mata Pelajaran           :  BAHASA INGGRIS - WAJIB
Kelas                           :  X
Kompetensi Inti          : Listening

KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4  :  Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

kOMPETENSI DASAR
(1)
MATERI POKOK
(2)
KEGIATAN PEMBELAJARAN
(3)
INDIKATOR
(4)
PENILAIAN
(5)
ALOKASI WAKTU
(6)
SUMBER BELAJAR
(6)
1.1    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1.Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.1.Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memujibersayap serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1.Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Listening (Mendengarkan percakapan melalui audio)

Fungsi Sosial :
Untuk mengembangkan kemampuan mendengar siswa, untuk menambahkan vocabulary baru pada siswa, dan untuk melatih kemampuan siswa dalam pronounciationnya agar siswa mampu menjalin hubungan dengan guru dan orang lain dengan baik

Ungkapan :
Amazing!, You really did a great job!, What a beautiful hair!. Wow! Very wonderful dress! You look beautiful Anna! Dsb


Structure text :
- kata terkait dengan pemberian pujian
- menyebutkan kata adjective pujian dalam dialogue
- menyebutkan isi dalam dialogue

Unsur kebahasaan:
   Ucapan, tekanan kata, intonasi

Topik
Pemberian Complimentary (pujian) dan response

Guru :
1.      Guru memintasiswauntukmendengarkandialogue
2.      Guru memintasiswauntukmencatatisi dialogue
3.      Guru memintasiswauntukmenirukanpengucapankosakata yang adadalam dialogue
4.      Guru menjelaskan tentang complimentary beserta fungsi dan cara meresponnya
5.      Guru memintasiswauntukmengerjakan soal true false question
6.      Guru memintasiswauntukmempraktekkanisi dialoguedenganteman
7.      Guru mendrillsiswadengankosakata baru.
8.      Guru melafalkankosakatabarudengan
pelafalan dan intonasi yang benar.

Siswa:
Mengamati :
1. Siswa mendengarkan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, ungkapan.
2.Siswa menirukan pengucapannya dan menuliskan apa isi dialog tersebut

Mempertanyakan :
1. Dengan adanya bimbingan dan arahan dari guru, siswa mempertanyakan perbedaan ungkapan pujian antara di negaraInggris dengan perbedaannya yang ada negara Indonesia
2. Siswa mempertanyakan pengucapan kosa kata dan isi teks yang berisikan pujian

Mengeksplorasi :
1. Siswa mencari pemaparan ungkapan pujian dari berbagai sumber
2. Siswa berlatih memaparkan dialog berisikan pujian kepada teman melalui simulasi

Mengasosiasi :
1. Siswa menganalisa ungkapan pujian berdasarkan penggunaan
2. Siswa berdiskusi dalam menganalisa perbedaan antara ungkapan pujian dari sumber yang didapat dan dari gurunya.


Mengkomunikasikan :
1. Siswa mampu mengungkapkan fungsi dari ungkapan pujian
2. Siswa mampu mengungkapkan kesulitan atau permasalahan dalam mengungkapkan pujian menggunakan bahasa Inggris.
1. Menunjukkan semangat dan kesungguhan belajar bahasa Inggris dalam berkomunikasi tentang pujian

2.      Mengungkapkanpujianmenggunakanbahasa Inggris
3.      Menjawab ungkapan pujian guru dan teman menggunakan bahasa Inggris yang berterima
4.      Mengidentifikasifungsisosial, strukturteks, danunsurkebahasaanpadaungkapanmemujisertaresponnya.
5.      Memahami dialog danMenjawab true false question




Asesmen Proses:
Diukur melalui pengamatan


Asesmen hasil:
Diukur melalui true false question, tes tulis
dan praktek dialogue lisan

2x45 menit
-Laptop
-Loudspeaker
-DVD
- PPT
- LCD Proyektor
- Buku bahasa Inggris untuk siswa kelas X SMA

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Lucky Club Casino Site Review | No deposit bonus
    With over 3 years of luckyclub experience in the gambling industry, we are proud to bring you our Casino Site Review. This casino site has a strong range of games including live dealer

    BalasHapus

Disqus Shortname

Comments system

- Copyright © Iska Mawarsita - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -